Laporan : Mulyadi T Bua

Bangkep50detik.com– Pasangan Calon (Paslon) Gubernur Sulteng Rusdi Mastura -Ma’mun Amir dianggap memiliki komitmen dan integritas untuk membangun Sulteng.

Dimata Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Banggai Kepulauan, Risal Arwie, bahwa pasangan tersebut adalah calon pemimpin yang memiliki karya nyata dan berpihak pada pembangunan serta kesejahteraan rakyat sepanjang karier politik di birokrasi.

Dilihat dari keterwakilan kewilayahan, Rusdi Mastura dari bagian Barat dan Ma’mun Amir dari wilayah timur Sulteng, sebagai gambaran atau indikator pemerataan pembangunan di seluruh wilayah Sulteng.

“Hari ini adalah peristiwa politik yang berbagi peran pak Rusdy di bagian barat dan pak Ma’mun di bagian timur,” tandas Risal Arwie.

Sementara itu Risal menjelaskan tentang prinsip dasar pembangunan daerah ketika pendapatan belanja daerahnya besar, maka belanja pembangunan untuk kebutuhan rakyat mulai dari petani, nelayan pasti bisa dimaksimalkan. Yang penting untuk dinilai dan dilihat secara jelas mana kebijakan pemerintah provinsi yang berpihak pada sektor pertanian, perikanan, dan kebutuhan rakyat.

“Hal itu Pak Ma’mun mampu mendorong kenaikan anggaran pendapatan belanja daerah di Kabupaten bagian timur Kemudian pak Rusdy banyak prestasi yang dia lakukan di Kota Palu, semua memiliki karya nyata dan memiliki keberpihakan pembangunan sesuai kebutuhan rakyat ketika mereka menjadi pemimpin daerah,” jelas Arwie.

Pendekatan sejarah Ma’mun Amir memiliki historis yang tak dapat dipisahkan dari wilayah Bangkep, Banggai dan Balut. Sebab dirinya adalah putra Syukuran Aminudin Amir (Tomundo Banggai) yang merupakan peletak dasar tiga Kabupaten Banggai bersaudara.

“Diketahui pribadi Ma’mun Amir memiliki nilai-nilai kebudayaan ‘mian’ (Orang, red) Banggai. Dengan kultur montolutusan, dengan prinsip moloyos, monokil, molios, dan monondok,” tandas Rizal yang juga Wakil Ketua DPRD Banggai Kepulauan itu.***