Bupati Banggai Kunjungi KPIN di Gor Kilongan

Bupati Banggai Ir. H. Amirudin Tamoreka, MM, AIFO saat menyampaikan pidatonya pada kegiatan Kebaktian Pembaruan Iman Nasional (KPIN) di Lapangan Gor Kilongan yang di hadiri oleh ribuan umat kristiani dari Banggai bersaudara (Kabupaten Banggai, Kabupaten Banggai Kepulauan, dan Kabupaten Banggai Laut).

Luwuk, 50detik.com – Bupati Banggai Ir. H. AMirudin, MM kunjungi kegiatan Kebaktian Pembaruan Iman Nasional (KPIN) di Stadion GOR Kilongan didampingi Kabag Prokopim Setda Kabupaten Banggai Muhlis Pampawa, pada Rabu malam (23/8/2023).

Bupati Amirudin dalam sambutan pasca pelaksanaan ibadah menyatakan bahwa para tokoh/pemimpin agama mempunyai posisi yang sangat strategis dalam memberikan pemahaman tentang kerukunan beragama bagi setiap umat beragama.

“Para Pemimpin Agama sebagai orang yang diteladani oleh umatnya kata Bupati, harus mampu memberikan pemahaman yang baik dan benar tentang toleransi antar umat beragama,” terangnya.

Pemimpin Agama, lanjut Bupati Amirudin, harus tampil sebagai fasilitator dalam meminimalisir segala konflik yang terjadi. Selain itu lanjutnya, para Pemimpin Agama juga harus bisa menciptakan kegiatan bersama yang melibatkan umat beragama dalam rangka meningkatkan persatuan dan kesatuan di antara para pemeluk agama.

Sehubungan dengan pelaksanaan kebaktian ini menurut Bupati Amirudin, kedatangan Pdt. Dr. Stephen Tong sangatlah diharapkan oleh para umat Kristiani di wilayah ini.

“Kedatangan Pdt. Stephen Tong adalah sebagai pengingat serta untuk merefresh kembali iman kepada Tuhan Yang Maha Esa,” jelasnya.

Diakhir sambutannya, Bupati Amirudin berharap agar kita selaku umat beragama harus selalu menanamkan rasa toleransi yang kuat di dalam diri masing-masing, dan mengajak kepada semua yang hadir pada kebaktian tersebut untuk menguatkan iman kepada Tuhan Yang Maha Esa untuk mendapatkan kasih dan ridho-Nya dalam menjalankan kehidupan kedepan.

Seperti diketahui, Kebaktian Pembaruan Iman Nasional yang dilaksanakan di GOR Kilongan ini, merupakan rangkaian kegiatan kebaktian yang dilaksanakan di Sulawesi Tengah tahun 2023 ini. Sebelumnya, Pdt. Dr. (H.C.) Stephen Tong telah memimpin kegiatan kebaktian di Lapangan Persimas Tomata pada hari Senin (21/08/2023) dan di Anjungan FDP Tentena pada hari Selasa (22/08/2023).

Di Kabupaten Banggai sendiri, kegiatan yang dilaksanakan di Stadion GOR Kilongan hari Rabu (23/08/2023) diikuti ribuan umat Kristiani dari Banggai Bersaudara (Kabupaten Banggai, Kabupaten Banggai Kepulauan dan Kabupaten Banggai Laut). (*)

Sumber: Prokopim Setda Banggai/Aht

Laporan: Mu’awanah

Pos terkait