Laporan : Mulyadi T Bua

Luwuk50detik.com-Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sulteng, berkerjasama dengan JOB Tomori Sulawesi menggelar Uji Kompetensi Wartawan Muda Angkatan ke II, selama tiga hari mulai Minggu (20/9 sd 22/9/2020) di Swiss Bellin Hotel.

Bupati Banggai Herwin Yatim di daulat untuk membuka kegiatan yang diikuti oleh 10 wartawan lokal tersebut. Dalam sambutannya Herwin Yatim, berharap agar kegiatan seperti uji kompetansi untuk perwata lokal rutin dilakukan.

UKW ini sangat penting karena dengan kehadiran organisasi PWI bisa menjadi wadah perekat, wadah aspirasi, dan wadah pembinaan para wartawan dalam mengawal pembangunan di Kabupaten Banggai.

“Kehadiran organisasi wartawan sendiri sangat penting bagi kami. Karena kami sangat butuh sinergitas untuk mengeksplorasi potensi daerah kita, karena sebuah daerah yang ingin maju dan berkembang, harus melibatkan seluruh pilar-pilar pembangunan, salah satunya adalah insan pers.

Saya juga mengucapkan terima kasih kepada JOB Pertamina yang telah memfasilitasi kegiatan ini,” ujar Herwin.

Sementara, Relation And Land Matters section Head JOB Tomori, Ruru Rudianto, sambutannya memaparkan bahwa kegiatan ini akan dilakukan rutin. Tomori Sulawesi kali ini untuk kedua kalinya berpartisipasi untuk menjadiemfasilitasi kegiatan kompetansi.

“Ini wujud komitmen perusahaan untuk membangun profesionalitas profesi wartawan di Kabupaten Banggai,” ujarnya.

Ketua PWI Sulteng Mahmud Matangara, melalui kopentensi wartawan tentu akan berdampak positif terhadap profesi jurnalis. Mahmud menyentil momentum Pilkada, jurnalis dapat mengemban tugas sesuai dengan aturan profesi. Wartawan harus menempatkan diri pada zona netral. Artinya tidak ada keberpihakan kepada salah satu figur.

” Saya menyarankan kepada seluruh wartawan di Banggai, harus menjaga netralitas. Justeru saya sangat mendukung apabila jurnalis dapat bertatisipasi dalam pembangunan,” tandasnya.***