LAPORAN. SULEMAN DJ. LATANTU

TOLITOLI 50DETIK COM. PT. Bank Rakyat Indonesia (BRI) (Persero) Tbk Cabang Tolitoli, sabtu pagi (16/10) menggelar penarikan hadiah undian Simpanan Pedesaan (Simpedes) periode pertama tahun 2021 di Gedung Depo Arsip BRI cabang Tolitoli.

Acara ini rurut dihadiri Wakil Bupati Tolitoli Moh. Besar Bantilan bersama unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Tolitoli, Pimpinan PT Bank Rakyat Indonesia Nurdianto Maswardi Suwono beserta seluruh staf jajarannya termasuk notaris, Pejabat Dinas Sosial Kabupaten tolitoli serta sejumlah nasabah.

Pimpinan Cabang PT BRI Tolitoli Nurdianto Maswardi Suwono mengatakan bahwa panen hadiah simpedes ini merupakan apresiasi dari BRI kepada para nasabah sebagai lembaga keuangan dalam membentuk kegiatan masyarakat khususnya di Kabupaten Tolitoli meski masih dalam situasi pandemi Covid-19.

Menurutnya cara ini dilakukan agar mendidik masyarakat dalam meningkatkan taraf perekonomiannya sekaligus dapat berkontribusi untuk pembangunan daerah Kabupaten Tolitoli. Disampaikan pula bahwa penyaluran Kredit Usaha Rakyat sampai dengan tanggal 30 September 2021 telah mencapai 71 miliar rupiah. Untuk pelaku usaha pertanian, perikanan dan perdagangan dan lain-lain sebagian kecil yang akan dikembangkan dalam bentuk pasar usaha dan diperdalam agar lebih baik lagi kedepannya.

Sementara itu Wakil Bupati Tolitoli Moh. Besar Bantilan dalam sambutannya mengatakan BRI Cabang Tolitoli merupakan mitra Pemerintah yang memiliki peran dan fungsi yang sangat besar dalam pembangunan. Kehadiran BRI memiliki tanggung jawab sosial dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat apalagi di tengah kondisi pandemi sehingga pemerintah mengharapkan kepada BRI agar tetap eksis dan berkomitmen untuk memberikan kemudahan kepada pelaku ekonomi, pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yaitu kemudahan dalam memperoleh bantuan modal usaha dalam skema kredit usaha rakyat (KUR) dengan bunga rendah.

Sebagaimana komitmen kerjasama pemerintah provinsi Sulawesi Tengah dengan BRI yaitu menyediakan dana kredit usaha rakyat sebesar 5 triliun untuk kepentingan peningkatan usaha masyarakat dengan tujuan meningkatkan produktivitas dan membuka usaha baru untuk mempercepat pemulihan ekonomi yang sedang terpuruk selama masa pandemi covid di Sulawesi Tengah. Untuk itu kata Wakil Bupati, masyarakat di Kabupaten Tolitoli juga berharap diberikan kemudahan dalam memperoleh bantuan dana KUR untuk pemulihan ekonomi masyarakat dan daerah.

Di akhir sambutannya Wakil Bupati juga mengingatkan pihak BRI agar mensosialisasikan program vaksinasi kepada nasabah, karena pada dua minggu ke depan, jika Kbupaten Tolitoli tidak mencapai target 40% vaksinasi, maka Pemerintah kembali akan menaikkan kriteria ke level 3 yang secara otomatis akan berpengaruh ke semua sektor sepertu sekolah akan ditutup, pesta hajatan keluarga kembali ditiadakan. Jika perlu tegas Wakil Bupati, pihak BRI menjadikan vaksinasi sebagai syarat dalam pengambilan dana KUR.

Pada akhir acara, pihak BRI menyerahkan bantuan secara simbolis berupa bantuan satu unit motor dan sepuluh bak sampah kepada pemerintah Daerah Kabupaten Tolitoli dan penyerahan bantuan kepada Mesjid Malangga yang diterima oleh kepala Desa Malangga berupa uang sebesar 5 juta Rupiah serta penyerahan KUR dari BRI tolitoli kepada nasabah dari 5 juta, 10 juta sampai 50 juta. Sementara yang mendapatkan undian BRI berupa mobil atas nama Samsul Bahri Pahara salah satu nasabah BRI Cabang Tolitoli ***