Bandar Narkoba Ditangkap, BNN Poso Sita Barang Bukti 0,54 Gram Sabu

AMANKAN BABUK: Tersangka bandar narkoba beserta barang bukti diamankan BNN Kabupaten Poso. FOTO: DOK. BNN KABUPATEN POSO

50detik.com, Poso – Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Poso menangkap salah satu bandar narkotika Beby Sumendap alias Om Beb (61) warga Jalan Diponegoro Kelurahan Sayo Kecematan Poso Kota Selatan Kabupaten Poso, karena memiliki sabu-sabu seberat 0,54 gram.

Kepala BNN Kabupaten Poso, AKBP Kahar Muzakkir.,S.H.,M.H menjelaskan, saat dilakukan penangkapan, disita 1/1 (satu) paket plastik klip bening yang berisikan serbuk kristal yang diduga sabu. 1 (satu) buah kertas pembungkus rokok warna merah, 1 (satu) buah handpone merek Vivo warna merah corak stiker, lalu dilakukan pengembangan dan penggeladahan ke rumah tersangka.

Dari hasil pengembangan itu, petugas kembali menyita barang bukti berupa 2 (dua) paket plastik klip bening yang berisikan serbuk kristal diduga sabu, 1 (satu) buah sendok sabu terbuat dari pipet plastik.1 (satu) buah kotak hitam merek CASS, uang tunai 13.000 (tiga belas ribu rupiah) dan 1 (satu) buah korek api gas warna ungu.

AKBP Kahar Muzakkir SH MH menambahkan, dari hasil pemeriksaan pelaku, menerangkan bahwa semua barang bukti dan tersangka dibawa ke kantor BNN Kabupaten Poso untuk dilakukan proses selanjutnya.

“Penangkapan Beby Sumendap itu dilakukan Senin 13 Maret 2023 sekitar pukul 22.00 WITA, berdasarkan informasi warga tentang keberadaan Beby, lalu BNN menindaklanjuti di lapangan hingga tersangka ini kita tangkap, kita lakukan pemeriksaan dan pengembangan lebih lanjut,” ujarnya saat menjelaskan kepada Media, Senin (20/3/2023)

Kepada masyarakat, BNN Kabupaten Poso menjelaskan untuk bersinergi perangi terhadap Narkoba. Bagi masyarakat jika ada keluarganya pencandu Narkoba, silahkan hubungi atau datangi BNN Kabupaten Poso. Negara akan hadir membantu menghilangkan dan memulihkan pencandu dari ketergantungan pada Narkoba secara gratis.

“Mari kita selamatkan generasi muda bangsa Indonesia dari bahaya narkoba, Mari kita bersama-sama melakukan pencegahan penggunaan narkoba yang terus meningkat,” jelasnya

Lanjut menjelaskan, pihak BNN Kabupaten Poso sudah melakukan sosialissi di semua tingkat pendidikan di Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) Perguruan tinggi dan masyarakat pada umumnya termasuk Pegawai Negeri Sipil.

“Selain itu, BNN Kabupaten Poso sudah melaksanakan program Desa/ Kelurahan Bersinar, bersih dari narkoba dengan membuat Program IBM ( Intervensi Berbasis Masyarakat) atau Agent Pemulihan (AP) dan menghasilkan respon positip dari masyarakat, shingga penurunan penggunaan narkoba bisa teratasi di Kabupaten Poso,” Jelasnya

Diakhir penjelasannya, Kahar Muzakkir mengucapkan selamat Ulang Tahun BNN yang ke- 21 Tahun yang dilaksanakan pada hari rabu tanggal 22 maret 2023 semoga selalu sukses dan jaya melawan narkoba.***

PENULIS: Andi Amal
Foto: Dokumen BNN Poso

Pos terkait