Laporan : Mulyadi T Bua

Bangkep50detik.com-Pemerintah Kabupaten Banggai Sulawesi Tengah, saat ini tengah melakukan seleksi untuk mengisi jabatan tinggi pratama.

Seleksi untuk siapa yang nantinya mengisi job dari 18 jabatan tinggi pratama tersebut, panitia seleksi yang diketuai oleh Sekda Bangkep Rusli Moidady, kini telah masuk pada tahapan tanggapan publik atau masyarakat. Hal tersebut sesuai dengan surat Panitia Seleksi Nomor 800/II/PANSEL_JPT/BANGKEP/2021.

Dalam surat tanggapan masyarakat tersebut, khusus Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Bangkep, nama Asrin ST. MS.i mendapat nilai tertinggi mengalahkan dua na pesaingnya yakni Ferdy Salamat ST. MS.i dan Haryadi HS Yasano ST. Tiga nama ini memiliki kesempatan yang sama untuk menduduki jabatan tersebut.

Namun dilihat dari peluang, justru Asrin yang memiliki peluang untuk menduduki kursi Kadis PUPR Bangkep. Selain memiliki nilai tertinggi, kinerja serta etos kerja yang baik. Asrin juga memiliki pengalaman, karena saat ini selain Sekdis, dia juga menjabat pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas PUPR Bangkep.

Selain pengalaman teknis maupun manajemen adminstrasi, sosoknya dikenal dekat dengan pelbagai kalangan. Salah satunya dengan para insan pers di Bangkep. Dikalangan wartawan figur Asrin dikenal sangat komunikatif.

Wardan Taib wartawan Obor Motindok yang telah memiliki kualifikasi nasional, mengatakan ketiganya memiliki kompetensi dan kemampuan yang sama dalam kepemimpinan. Namun ada beberapa pertimbangan yang patut dijadikan rujukan yakni Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, adalah salah satu institusi yang berhubungan dengan pelayanan dasar.

Olehnya itu, figur yang ditempatkan untuk mengisi job Kadis sejati memiliki kemampuan serta pengalaman di bidang tersebut dan tentunya mengetahui permasalahan Banggai Kepulauan secara spesifik di bidang insprastruktur dan penataan ruang. Dari tiga nama calon Kadis, menurutnya, tak lain ASRIN ST M.Si adalah yang dianggap layak.

Pertimbangannya adalah, sejak pertama diangkat menjadi ASN hingga sekarang Asrin bertugas di Dinas PUPR, sehingga dari segi kemampuan dan pengalaman tidak perlu diragukan lagi.

“Apalagi saat ini dia menjabat sebagai pelaksana tugas Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, itu artinya dia telah mengetahui secara detail soal seluruh persoalan yang berhubungan dengan insprastruktur dan penataan ruang di Bangkep, ujar Wardan.

Sementara Dahlan wartawan Media Online Sangalu.Com, mengutarakan pengalamannya ketika menjalankan tugas-tugas kewartawanannya, saat menginterviu atau mewawancara Asrin dalam kapasitasnya sebagai Plt Kadis PUPR, tidak sekalipun mengalami kendala atau kesan tak enak dengan figur yang satu ini.

“Selama saya bertatap muka dengan Pak Asrin dalam tugas jurnalisme, tidak pernah ada kesan buruk. Malah pak Asrin sangat komunikatif dan memiliki responsif yang tinggi ketika ketemu dangan kami yang hendak mewawancarainya,” papar Dahlan.

Diketahui bahwa seluruh proses seleksi dilakukan sesuai ketentuan dan transparan. Namun Pansel masih membuka ruang kepada masyarakat untuk mengkritisinya.

Sesuai skema regulasi nampak normatif dan semua fair, berdasarkan penilaian rekam jejak masing-masing calon pejabat. Langkah ini untuk menepis isu nepotisme dalam menentukan siapa yang menduduki jabatan dilingkungan Pemda Bangkep.

Setelah semua tahapan seleksi selesai, seluruh hasil seleksi diserahkan kepada leader atau bupati untuk menentukan siapa yang nantinya menduduki job kepala dinas atau setingkat jabatan tinggi pratama.***