Aneh! Orang Meninggal Terdapat Jadi Anggota Parpol

Anggota Bawaslu Sulteng Nasrun (Topi warna coklat mudah) saat memastikan data seorang warga yang telah meninggal 9 tahun yang lalu dengan data SIPOL yang dipegang oleh verifikator, Minggu (23/10/2022) FOTO: BAWASLU SULTENG

Palu, 50detik.com– Orang yang sudah lama meninggal masih tetap terdaftar sebagai aanggota partai politik. Ini terjadi di Palu.

Temuan itu diungkapkan tim Verifikasi Faktual (Verfak) Bawaslu Sulteng bersama Bawaslu dan KPU Kota Palu saat melakukan supervisi pengawasan Verfak keanggotaan Parpol di Kelurahan Pantoloan Boya Kecamatan Tawaeli, Kota Palu.

Anggota Bawaslu Sulteng Nasrun dalam keterangannya mengungkapkan, tim verfak menemukan seorang warga yang telah 9 tahun meninggal masih menjadi anggota salah satu partai politik (Parpol), Minggu, (23/10/2022).

Dikatakan, isteri almarhum menyebutkan, bahwa suaminya telah meninggal sejak tahun 2013, namun anehnya dalam Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang terdaftar pada SIPOL KPU tercatat E-KTP nya kembali dikeluarkan tahun 2017 dan terdaftar sebagai anggota Parpol sejak Tahun 2022.

Menurut Nasrun, selama dua hari pelaksanaan Verfak, ditemukan ada kejanggalan dengan modus pencatutan nama dengan menggunakan data dari E-KTP, sebab menyandingkan data di SIPOL, kebanyakan foto dan tanda tangan berbeda dengan dokumen yang dimiliki oleh warga. (***)

Pos terkait