Alfiana, Terima Penghargaan Karena Prestasinya Mengelola Tanah Gambut

Alfiana di dampingi bupati Poso dr. Verna GM Inkiriwang saat menerima penghargaan atas prestasinya mengelola lahan gambut menjadi lokasi pertanian produktif

50detik.com – Alfiana Nurlisa Molodu, adalah sosok perempuan luar biasa, dan satu-satunya petani perempuan dari kabupaten poso yang menerima penghargaan khusus,  berkat  prestasinya mengelola  tanah gambut yang kemudian di modifikasi menjadi  lahan  pertanian. Medali prestasi tersebut, di terima petani dari desa ini  tepat pada perayaan peringatan hari  R.A. Kartini, 21 April 2022 di Palu.

Kerja keras  dan keuletan Alfiana, bukan hanya  mendatangkan berkat bagi diri bersama kelompok tani binaanya. Tetapi juga telah  menorehkan nama harum  kabupaten  poso dalam acara yang di prakarsai  pemerintah pusat melalui wadah Aksi Solidaritas Era (OASE). Sebuah organisasi  kemasyarakatan dari kabinet indonesia maju, bekerjasama dengan pemerintah daerah  di 34 Provinsi.

Alfiana sendiri telah  menggeluti pengelolaan lahan gambut di wilayahnya, kurang lebih 5 Tahun. Tujuan awalnya sekedar  membantu suami. Tetapi siapa yang menyangka jika tugas meringankan beban suami. Justru  disinilah awal  dari perempuan  berpikir kreatif  ini menjadi utusan  mewakili petani Kabupaten Poso.

Selain  Alfiana (sapaanya). Masih ada  12 perempuan yang juga memiliki  prestasi, tetapi dari  profesi berbeda seperti  kesehatan, lingkungan hidup, Pendidikan, dan sosial budaya. Para  perutusan dari  13 Kabupaten/Kota ini  secara simbolis telah  menerima penghargaan  yang di  serahkan  langsung  Pj. Sekdaprov, Ir. Faizal Mang. MM.

Hadiah lain yang di berikan kepada para perempuan hebat itu, adalah mendapat kesempatan untuk melakukan dialog  secara virtual dengan  ibu negara, Iriana  Joko Widodo. Dialog dengan istri orang nomor satu  di Indonesia itu  berlangsung di ruang pogombo kantor  gubernur Provinsi Sulawesi Tengah Palu.

Ketika  mendapat kesempatan dalam acara dialog  dengan ibu negara. Alfiana kemudian menceritakan suka  duka  yang di alami  bersama  kelompok  tani  binaanya,

” Saya  adalah ketua kelompok  wanita  tani  dari wilayah kabupaten Poso,” Terang   Alfiana  menyampaikan asal daerah.

” Kerinduan Kami  kiranya  ibu  bisa  memberikan  fasilitas  jalan di lokasi pertanian agar kami  lebih muda  mengankut  hasil panen  yang di hasilkan,” Kata Alfiana rada memohon.

Mendengar  keluhan dari perempuan petani Poso. Ibu Iriana  secara  spontan  menjawab  agar persoalan jalan  yang di  sampaikan  Alfiana, mendapat  perhatian  gubernur Sulteng.

” Semoga  permohonan ibu  menjadi perhatian bapak gubernur, supaya  jalan  itu di lancarkan,” Tanggap Iriana Joko Widodo.

Atas prestasi Alfiana  yang telah  membawa nama Kabupaten Poso  ke tingkat provinsi. Bupati Poso  dr. Verna GM Inkiriwang. Memberi apresiasi  khusus kepada  Alfiana karena keuletan dan kegigihanya  menggeluti  pekerjaan itu sampai akhirnya  mendapat pengakuan dari pemerintah.

” Profesi petani  adalah pekerjaan mulia. Hal yang di lakukan ibu Alfiana  mendorong semangat  kita  semua  agar kedepan  lahir  kembali  Kartini-Kartini  muda seperti  yang di  contohkan  Kartini dari Kabupaten Poso ini,” Kata bupati Verna  memberi pujian.

Kegiatan  ini merupakan  program  dari  kabinet Indonesia maju, yang kemudian bekerjasama dengan  pemerintah di setiap  provinsi. Tugas pemerintah daerah adalah mencari  masyarakat memiliki keahlian dan prestasi sesuai bidangnya, kemudian mereka nantinya akan mendapat mandat sebagai utusan daerah untuk menerima penghargaan khusus pada hari besar nasional.

Penulis : Ferdinand Puahadi/ sumber  PPID

 

Pos terkait