Laporan: Darmawan

Pasangkayu, 50detik.com- Akibat gelombang tinggi, salah satu Desa di pesisir pantai jalan poros Pasangkayu Sulawesi Barat terkena dampak abrasi pantai yang megakibatkan sejumlah bangunan amruk terkikis gelombang tinggi.

Dari pantauan media ini di lokasi pesisir pantai pada senin (25/2) pagi. Tanpak beberapa bangunan rumah warga dan pendasi bangunan rusak parah akibat diterjang ombak di Desa Karya Bersama, Kecamatan Pasangkayu, Kabupaten Pasangkayu, Sulbar.

Salah satu warga, Dorania mengaku, rumahnya ambruk akibat diterjang ombak besar sejak malam jum’at kemarin. Dimana saat itu, ia bersama sejumlah anaknya berada dalam rumah yang amruk itu, beruntung tidak ada korban jiwa.

“Anaknya saya yang berada di dalam kamar yang amruk itu bisa menyelamatkan diri dari ancaman gelombang tinggi yang mengikis hingga ruma ini amruk karena tidak lagi bisa menahan derasnya air memukul” Katanya

Meski begitu, akibat kerusakan bangunan ini ditapsir kerugian mencapai puluhan juta rupiah. ambruknya rumah yang terkikis gelombang pantai itu membuat ia bersama anaknya mengamankan diri di posronda yang tidak jauh dari tepat ia tinggal.

“saya bersama keluarga anak terpaksa harus mengungsi ke posronda, ini untuk mengindari hal yang tidak diinginkan terjadi lagi melihat situasi bangunan rumah yang kurang aman setelah amruk diterjang ombak” Sebutnya

Atas kejadian itu, ia berharap mendapatkan perhatian dari pemerintah atas bencana alam yang dialami dan mengakibatkan kerusakan bangunan hingga tidak layak ditepati. Dan memintah pihak terkait untuk segerah mengatasi persoalan ini.

Dirinya menambahkan, ia tinggal di lokasi ini sudah sekitar 23 tahun. Dimana saat itu, garis pantai dari rumahnya sejauh 200 meter bahkan dibelakang rumahnya ini disebutnya terdapat lapangan sepakbolah sering ditempati pertandingan dan beberapa kandang ternak sapi warga kini telah berubah menjadi pantai.

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here