Laporan: Darmawan

Pasangkayu, 50detik.com- Kasian…60 kepala keluarga (KK) warga Dusun Sinar Wajo, Desa Karya Bersama, Kecamatan Pasangkayu, Kabupaten Padangkayu, Sulbar, terserang kuman gatal-gatal, yang diduga kuat penyebabnya karena mandi  dengan air yang bercampur lumpur, sebagai dampak dari banjir yang terjadi  dua pekan lalu, yang hingga kinj, dusun yang dikelilingi kelapa sawit itu masih digenagi air,

Meski air sudah mulai surut didua dusun di desa karya bersama Kecamatan Pasangkayu, Kabupaten Pasangkayu, Provinsi Sulawesi Barat. Warga yang terkena dampak banjir belum bisa beraktifitas dengan normal. Pasalnya sejumlah penyakit mulai menyerang salah satunya penyakit gatal-gatal dan diaere.

“Setiap tahunnya memasuki musim penghujan di daerah ini penyakit gatal-gatal sudah menjadi hal biasa. Bahakan sejak banjir beberapa pekan terakhir ini penyakit gatal-gatal kembali terasa,” terang Raman warga warga yang juga terkena penyakit gatal-gatal.

Para warga pun memilih bertahan di tempat ini meski dengan kondisi yang kurang wajar, karena mata pencarian mereka rata-rata hanya ada dilakosi ini yaitu perkebunan sawit dan lainnnya.

Diketahui di desa ini sudah dua tahun mengalami kondisi digenagi air apalagi ketika memasuki musim hujan. Dilokasi ini sendiri digenagi air lantaran air sungai pasangkayu yang meluap kepemunkiman warga dan perkebunan sawit yang disebkan bendungan yang ambruk di hulu sungai.

2 KOMENTAR

  1. Hey there this is kind of of off topic but I was wondering if blogs use WYSIWYG editors or if you have to manually code with HTML. I’m starting a blog soon but have no coding expertise so I wanted to get guidance from someone with experience. Any help would be enormously appreciated!|

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here