5 Daerah di Sulteng Terima Penghargaan Ombudsman Zona Hijau Pelayanan Publik

Laporan: Rahmat Pratama

Palu, 50detik.com- Luar biasa, parut diberi apresiasi kepada lima daerah di Sulteng yang mendapat penghargaan dari ombudsman RI sebagai zona hijau penyelenggara pelayanan publik.

“Hari ini (Rabu, 27/11) 5 Kabupaten/Kota di Sulawesi Tengah terima penghargaan dari Ombudsman RI dengan masuknya Daerah tersebut sebagai Zona Hijau Penyelenggaraan Pelayanan Publik berdasarkan Hasil Survey Kepatuhan Tahun 2019,” ungkap Kepala Ombudsman Sulteng, H Sifyan Farid Lemba, SH, MHum.

Menurut penilaiannya, capaian tersebut cukup menggembirakan. “Ini adalah sebuah surprised dimana tahun ini ada lebih 5 daerah masuk zona hijau pelayanan ketimbang tahun lalu yang hanya 2 daerah yaitu Pemprov Sulteng dan Kab Banggai. Berarti tinggal 2 daerah masih tertinggal yakni Kabupaten Donggala dan Kabupaten Toli Toli yang masih dalam belutan Zona Merah yang juga ikut disurvey tahun ini,” jelasnya.

Dikatakan, tahun 2020 akan datang, sesuai dengan Program Nasional dalam Rpjmnas BAPPENAS dimana Survey Kepatuhan menjadi wajib untuk seluruh Pemerintah Provinsi dan Kab/Kota maka 13 pemda akan disurvey kembali

” Ini menjadi tantangan tersendiri karena hasil survey tersebut merupakan profil wajah pelayanan publik di Sulawesi Tengah. Masyarakat harus diberi penjelasan soal wajah sesungguhnya bagaimana pemerintah amanah menjalankan kewajibannya dengan memberikan kualitas pelayanan publik yang baik, jujur dan transparan,” terangnya.

Menurutnya, Ombudsman sebagai lembaga pengawas pelayanan publik, mempunyai kewajiban menjembatani harapan masyarakat atas sebuah pelayanan publik yang berkualitas tersebut.

Ia menyebutkan, paradigma telah berubah, dan perilaku penyelenggara juga harus berubah untuk lebih profresif dan partisipatif.

Pemberian penghargaan ini, katanya, untuk 5 kabupaten/kota antara lain Kab Parigi Moutong, Tojo Una Una, Poso, Sigi dan kota Palu adalah bukti bahwa pimpinan Daerah di ke 5 pemda tersebut menyadari perannya di Era Disruption 4.0 untuk memprioritaskan pelayanan publik yang bisa memberi senyuman kepada masyarakatnya.

” Selamat untuk masyarakat di 5 daerah tersebut. Selamat datang Pelayanan Publik yang berkualitas,” pesannya.

Pos terkait