Ketua KPU Kabupaten Pasangkayu, Syahran Ahmad (50detik.com/Mawan)

Laporan: Darmawan

Pasangkayu,50detik.com- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pasangkayu menyatakan dari empat kabupaten yang mengikuti Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak di Propinsi Sulawesi Barat (Sulbar), Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) asal pasangkayu semua dinyatakan memenuhi syarat kesehatan.

“Alhamdulliah, dari empat kabupaten di Sulbar melaksanakan pilkada serentak, semua bapaslon bupati dan wakil bupati di Kabupaten Pasangkayu dinyatakan memenuhi syarat hasil pemeriksaan kesehatannya” Terangnya Ketua KPU Pasangkayu, Syahran Ahmad kepada 50detik.com saat ditemui di Kantornya Rabu (16/9) siang.

Berdasarkan hasil pemeriksaan kesehatan tiga bapaslon asal  Kabupaten Pasangkayu semua memenuhi syarat kesehatan dari hasil pemeriksaan yang dilaksanakan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD)  dr Wahidin Sudirohusudo Makassar Propinsi Sulawesi Selatan (Sulsel). Ketiga bakal  kandidat bupati dan wakil bupati yakni Yaumil Ambo Djiwa- Herny Agus (Yes), Muhammad Saal-Musawir Azis Isham (Salam) dan Abdullah Rasyid-M. Yusri Nur (Abri).

Syahran mengatakan, hasil pemeriksaan kesehatan ini sifatnya mengikat dan final. “Jika ada bapaslon bupati dan wakil bupati tidak memenuhi syarat maka tidak bisa melakukan pemeriksaan kesehatan di tempat lain, karena pemeriksaan kesehatan sifatnya final dan mengikat” Tegasnya

Diketahui terdapat empat kabupaten yang berpilkda di Sulbar itu yakni Kabupaten  Mamuju, Mamuju Tengah, Pasangkayu dan Kabupaten Majene semua telah mengumumkan hasil pemeriksaan kesehatannya dan  para bapaslon saat ini tengah dalam proses perbaikan berkas calon di KPU masing-masing.