Kepala Kantor Kemenag Pasangkayu Mustapa Tangngali saat menghadiri rapat pelaksanaan Shalat Idul Adha di rujab Bupati Pasangkayu (Mawan/50detik.com)

Laporan: Darmawan

Pasangkayu,50detik.com- Pelaksanaan Ibadah Shalat Idul Adha tahun ini yang biasa dikenal Idul Qurban 1441 H yang jatuh pada Tanggal 31 Juli 2020 sesuai ketetapan Pemerintah, Pemkab Pasangkayu pusat pelaksanaan Shalat Ied untuk dalam Kota di Lapangan Merdeka dan masjid-mesjid dengan protocol kesehatan Covid-19.

Hal ini disampaikan oleh Bupati Pasangkayu, H. Agus Ambo Djiwa usai memimpin Rapat terkait Pelaksanaan Ibadah Shalat Idul Adha Tahun ini di Rujab Bupati semalam (27/07/20) dihadapan seluruh peserta rapat. Menurutnya ada tiga apsi  yakni opsi pertama Lapangan Merdeka, opsi kedua Alun-Alun Kota Pasangkayu dan opsi ketiga  Shalat Ied di Masjid-Masjid Besar yang ada di Kota Pasangkayu.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pasangkayu  H. Mustapa Tangngali menyampaikan akan mensosialisasikan putusan rapat ini  sampai dengan jajaran paling bawah dan juga akan menyiapkan Khutbah seragam yang disusun bersama MUI Pasangkayu yang isinya disesuaikan dengan kondisi saat ini (Masa New Normal)

Dikatankannya, tentu pelaksanaan Shalat Ied tetap mengacu pada Surat Edaran Kemenag RI Nomor 18 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Shalat Idul Adha dan Penyembelihan Hewan Qurban Menuju Masyarakat Produktif dan Aman Covid-19.

Pelaksanaan Shalat Idul Adha nantinya akan diberlakukan sesuai Protokol Kesehatan dengan mewajibkan seluruh Jamaah untuk dilakukan tes suhu badan oleh Panitia, kewajiban memakai masker dan jarak antar Jamaah akan diatur pula oleh Panitia untuk mencegah penyebaran Virus Corona (Covid-19).

Sebagaimana diketahui bahwa Pasangkayu saat ini masih terdapat 1 Pasien Positif Corona yang sedang dirawat di RSUD Pasangkayu dan 4 orang Reaktif dan masih menunggu hasil tes swab dan sekarang sedang diisolasi mandiri sehingga memaksa Pemkab Pasangkayu untuk lebih berhati-hati dan menetapkan Protokol Kesehatan dalam pelaksanaan Shalat Ied karena Ibadah tersebut mengumpulkan orang banyak.

Rapat yang berlangsung semalam Ba’da Shalat Isya dihadiri oleh Para Pimpinan dan Perwakilan Lembaga Keagamaan seperti MUI Kab. Pasangkayu, PHBI selaku Panitia Pelaksana nantinya dan beberapa Pejabat Tinggi dilingkup Pemerintah Daerah Kab. Pasangakayu, sembari seluruh peserta berharap pelaksanaan Shalat Idul Adha Tahun ini berjalan lancar dan mendapatkan Ridho Allah SWT.