Laporan: Darmawan

Pasangkayu, 50detik.com- Sedikitnya 9 kelompok petani sawit di Kabupaten Pasangkayu akan menerima bantuan hibah dari Badan Pengelolah dana  Perkebunan Kelapa Sawit (BPDP-KS) sebesar 25 juta/hectare (ha) untuk peremajaan (replanting) kelapa sawit.

Terkait hal itu, Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Pasangkayu, Mujahid yang dikomfirmasi di kantornya membenarkan adanya bantuan dana replanting untuk para petani kelapa sawit di Kabupaten Pasangkayu tahun 2019 untuk kelompok tani persyaratannya lengkap.

Disebutnya, ada sekitar 3000 an hectare lebih kebun kelapa sawit di tahun 2019 ini mendapat dana bantuan replanting dari BPDP-KS yang totalnya tidak disebutkan itu, namaun semua dananya saat ini sudah di Bank yakni Bank BNI, BRI dan Bank Mandiri.  Kelompok tani tinggal mencairkan anggaran peremajaan dari pemerintah itu.

Kelompok tani yang menerima itu diantaranya: Koprasi Syariah BMT Bukit Harapan Cabang Lilimori,Gapotktan Karave Mandiri, Gapoktan Bajawali Bersatu, Dapoktan Reski Bersama, Wkak Parabu Indah, Gapoktan Lelejae Bersatu, Gapoktan Sipakelebbi, Gapoktan Wkak Saptanajaya dan Kelompok Tani Karya Bersama.

Mengenai dana bantuan replanting itu, Mujahid menyebutkan Dinas Perkebunan hanya bertugas memverifikasi berkas kelompok tani dan memfasilitasi pengusulan permohonan petani sawit dan pengawasan realisasi dana bantuan yang langsung ke kelompok tani itu.

Pihaknya menjelaskan, kelompok tani yang mencari sendiri perusahaan (kontaraktor) untuk membangun kerja sama dalam hal melakukan replanting pohon sawit  tersebut yang tetunya diharapkan mengikuti juknis replanting yang ada.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here