Laporan: Darmawan

Pasangkayu, 50detik.com- Bupati Pasangkayu. Ir. H Agus Ambo Jiwa  MP mewujudkan harapan seluruh masyarakat Pasangkayu untuk mendapatkan pelayanan kepemilikan seritifikat tanah.

Terkait dengan program tersebut, Jumat, 12 Desember 2018, di ruang rapat,  Bupati Pasangkayu melakukan kesepahaman  dengan penandatanganan sinergitas antara pemerintah Kabupaten Pasangkayu, Kapolres, Dandim dan Pertanahan Kabupaten Pasangkayu.

Penandatanganan sinergitas tersebut, sebagai upaya peningkatan kapasitas sumber daya manusia tentang pelaksanaan pendaftaran tanah sistematis lengkap di Kabupaten Pasangkayu  2019 mendatang.

Bupati Agus dalam kesempatan tersebut, mengimbau kepada seluruh camat, lurah dan kepala desa agar bisa bekerja sama dengan pihak pertanahan untuk bisa mencapai target yang telah ditentukan  pemerintah pusat.

Sementara itu, Kepala Kantor Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Pasangkayu, Ir.Budi Doyo,M.si mengatakan, kegiatan ini merupakan program reforma agrarian oleh pemerintah pusat yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman terkait pelaksanaan pendaftaran tanah sistematis.

Dikatakan, untuk melancarkan program tersebut, maka sinergitas  sangat penting demi lancarnya reformasi agraria yang didalamnya pendaftaran sertifikasi PTSL atau prona tanah, retribusi tanah, wakaf, sertifikasi nelayan dan lainnya.

“Target sertifikat di tahun 2019  sebanyak 7.500 sertifikat gratis yang diprioritaskan yang diprioritaskan di Kecamatan Bambaira dan Bambalamotu dan sebagian kecil diwiayah pasangkayu” terangnya.

Menurutnya sampai saat ini diperkirakan di Kabupaten Pasangkayu masih terdapat kurang lebih 42 ribu hektar tanah belum bersertifikat.

 

1 KOMENTAR

  1. Hi there i am kavin, its my first occasion to commenting anywhere, when i read this paragraph i thought i could also create comment due to this sensible post.|

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here