Laporan: Yusuf Wempy/foto: Imran

Palu,50detik.com–Melalui pengucapan syukur HUT ke 20 tahun jemaat GPID Eben Haezer Palu memotivasi kita untuk meningkatkan spiritualitas dan kebersamaan dalam keberagaman kehidupan berjemaat. Itulah sub tema dalam pengucapan syukur gereja.

Hadir dalam pertemuan tersebut walikota palu yang diwakili Kalak BPBD Kota Palu Presly Tampubolon SE. Jelang puncak perayaan diwali dengan kegiatan ibadah jemaat yang dipimpin Pdt Maryam Pontonuwu M.Th dan Pdt Gede Mandia S.Th MA pada minggu 10-11-2019.

Dalam kesempatan tersebut, Kalak BPBD kota palu menyampaikan apresiasi dan ucapan selamat atas pelaksanaan pengucapan syukur dan HUT ke 20 tahun jemaat GPID Eben Haezer Palu.

Dalam kesempatan tersebut, secara umum disampaikan berbagai upaya yang dilakukan dalam upaya pemulihan pasca bencana di wilayah kota palu hingga ke penanganan bagi warga yang berdampak hingga ke perbaikan sejumlah fasilitas yang mengalami kerusakan.

Berbagai upaya terus di genjot pemerintah dan fokus utama ada lima sektor, yaitu pemukiman, infrastruktur publik, ekonomi produktif, sosial dan lintas sektor. Pemukiman dan infrastruktur publik menyangkut pembangunan perumahan dan prasarana lingkungan, sektor transportasi, serta sumber daya air dan energi.

Ekonomi produktif terkait dengan upaya peningkatan ekonomi bagi masyarakat untuk bisa lebih produktif pasca bencana baik di bidang pertanian, perkebunan, perikanan, perdagangan dan pariwisata. Sektor sosial meliputi aspek kesehatan, pendidikan, perlindungan sosial dan agama sehubungan dengan penyediaan fasilitas, tenaga ahli, serta fasilitas lain pendukung.

Sementara lintas sektor meliputi sub sektor pemerintahan serta keamanan dan ketertiban. Hingga ke bantuan bagi warga penerima dana stimulan juga diupayakan tepat sasaran baik bagi rumah rusak berat rusak sedang dan rusak ringan. Dan saat ini pemerintah tengah fokus menyelesaikan pembangunan hunian tetat di sejumlah lokasi di wilayah kota palu.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here