POSO . 50detik.com – Sebelumnya, bupati poso, dokter Verna GM Inkiriwang bersama wakil M. Yasin Mangun. Telah melakukan rangkaian layatan sekaligus menghadiri pemakaman ke empat korban pembantaian terjadi di desa Kalimago, Kecamatan Lore Timur kabupaten Poso, sulawesi tengah. Selasa, ( 11/5) 2021.

Pelakunya di tenggarai adalah jaringan kelompok Mujahidin Indonesia Timur (MIT) yang bercperasi selama ini di wilayah poso dan sekitarnya.

Usai memberi santunan untuk meringankan penderitaan keluarga korban di tinggalkan. Dokter Verna GM Inkiriwang menurunkan juga 2 ton beras di peruntukan bagi warga setempat.

“Bantuan bahan makanan tersebut akan di bagikan langsung kepada setiap kepala keluarga bertempat tinggal di desa kalimago.” Jelas Wayan Susanto Kabag humas Pemda Poso, kepada media ini. Kamis, ( 13/5)

Di ketahui, pada Selasa, (11/5). Sekitar pukul 10.00 Wita. Telah terjadi pembantaian yang mengakibatkan tewasnya empat orang di antaranya, Lukas Lese, Marten Selo, Paulus Papah, dan Simson Susa, saat mereka memanen buah kopi di kebun.

Kematian warga hanya menggantungkan hidup sebagai petani ini, telah menjadi perhatian dan simpati dari pemerintah dan juga rakyat Poso.

 

 

Akibat kejadian tersebut, pemerintah daerah poso akhirnya mengeluarkan pernyataan sikap untuk meminta kepada aparat keamanan agar mengusut pelakunya sampai tuntas.

Selain sikap di atas, dokter Verna GM Inkriwang sebagai bupati poso. Akan berupaya melakukan koordinasi dengan sejumlah petinggi dari jajaran TNI, POLRI, Badan Nasional Penanggulangan Terorisme ( BNPT) Dan Detasemen Khusus ( Densus 88).

” Saya akan berupaya menemui semua lembaga yang berkaitan dengan keamanan negara khususnya TNI – POLRI, BNPT, dan DENSUS 88. Saya juga akan meminta waktu agar di pertemukan dengan bapak presiden.

Saya akan sampaikan langsung berbagai aspirasi dan keluhan masyarakat Poso yang sudah lelah di hantui terorisme selama ini,” Kata bupati Verna menyampaikan tekad.* Fer.