Laporan :Mulyadi T Bua

Luwuk50detik.com-Sebelas Kelompok Pecinta Alam (KPA) dari Kabupaten Banggai, Kabupaten Banggai Laut dan Makassar Sulawesi Selatan telah selesai membangun Trianggulasi Bungkutnyo Tompotika setinggi 1530 meter diatas permukaan laut (MDPL). Trianggulasi itu sebagai tanda ketinggian puncak gunung.

Menurut Fanda Paruwong, dari Mapala 45 Makassar, kegiatan tersebut dilaksanakan mulai pada 17-22 September 2020, bertempat di puncak Gunung Tompotika, dusun Trans Tanah Merah, Desa Sampaka, Kecamatan Bualemo.

“Tujuan pembangunan Trianggulasi ini untuk memberikan tanda atau titik puncak dari sebuah gunung, sekaligus mempererat tali silaturahmi antar sesama pecinta alam lintas wilayah,” jelas Fanda Kamis (1/10/2029) kemarin.

Pembangunan Trianggulasi tersebut sambung dia, sudah dilakukan sejak tahun 2018 lalu, namun baru sebatas pembangunan pondasi, sehingga kali ini dilakukan penyelesaiannya.

Sementara itu, menurut Fadli dari KPA RESOL Kabupaten Banggai, kegiatan yg dilaksanakan selama sepekan tersebut, di ikuti Kelompok Pecinta Alam (KPA) LANKAH HIJAU, KPA BAREKSA, KPA BALITA, WPL Tompolosani, BERDOL Sahabat Petualang, KPPA PINUS, KPAB RESOL, KAMI RAPADAS, PETA Bualemo, kemudian KPA MATARA dari Banggai Laut dan MAPALA 45 Makassar.

“Sumber dana pembangunan Trianggulasi ini merupakan donasi dari para kelompok pecinta alam yang ikut serta,” pungkas Fadly.***