Laporan: Darmawan

Pasangkayu, 50detik.com- Dinas Pendidikan Pemuda dan Olaraga Pasangkayu mencatat, sebanyak 10 Gedung Sekolah terendam banjir beberapa kekan kemarin. Dua  bangunan sekolah diantaranya terparah dan tak layak ditempati akan dipindahkan lokasinya.

Bajir yang melanda Kabupaten Pasangkayu beberapa pekan terhahir ini, ternyata bukan hanya merendam pemumkiman dan perkebunan warga namun fasilitas pemerintah pun ikut terendam diantaranya adalah sekolah.

Menurut  Badaruddin selaku Kadis Disdikpora Kabupaten Pasangkayu mengatakan, berdasarkan data Disdikpora sebanyak 10 gedung  sekolah terendam banjir dan dua diantaranya terparah yakni SDN Kalindu dan SDN Marembeau.

“Saat saya memantau sejumlah sekolah terendam banjir, SDN Kalindu dan SDN Marembeau  yang terparah  tidak layak ditempati, kerena bangunan kantor dan ruangan kelas SDN Kalindu yang baru dibangun itu amruk dibawa banjir” Sebutnya

Ditambahkannya, untuk SDN Marembiau itu tidak mengalami kerusakan bangunan separah SDN Kalindu. Namun air yang merendam hingga beberapa hari yang sering kali membuat disekolah tersebut libur karena sekolah digenagi banjir.

“Kedua gedung sekolah ini akan dipindahkan lokasinya, SDN Kalindu yang kini ruangannya amruk terbawa arus. Sedang SDN Marembeau menjadi langganan banjr hampir setiap musim penghujan terendam banjir hingga beberapa hari” Jelasnya

Oleh karena itu, kedua sekolah tersebut akan diusulkan dipindahkan ke lokasi yang lebih aman jauh dari ancaman banjir. Namun terkhusus  SDN Kalindu yang berada di sungai lariang kini tidak bisa lagi ditempati sehingga siswanya telah dipindahkan sementara di sekolah terdekat dari lokasi tersebut.

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here